BERMASALAH DENGAN RADIATOR (OVER HEAT)

RADIATOR MAZDA E2000

(saya copy dari MAZDA-Indonesia.com)
Om, hati2 kalau terjadi overheat gitu ; e2000 punya coolant capacity terbaik dikelasnya, sebanyak 7.5 liter ; selama hampir 10 tahun, saya belum pernah sekalipun mengalami overheat, walaupun radiator terisi 30-40%, asal supply udara dari kipas dg putaran mesin diatas 2000 rpm, walau macet ditanggung ndak akan overheat (red line), kalau masih diatas setengah sih gak perlu panik.
Kalau terjadi overheat, pasti terjadi sesuatu yg tidak lazim (kalau karena salah setting sih gak akan sampai overheat, dan itu akan terjadi pada putaran menengah keatas), misal :
1. Water pump bermasalah --> pada umumnya apabila pump bermasalah, air akan keluar saat panas atau mesin berputar, jadi kalau lagi nangkring, pasti gak akan ada air yg keluar
2. Ada kebocoran di radiator dan sambungan2nya --> (apabila bocor kecil / retak, air akan keluar saat panas, sesuai dg besarnya pemuaian bocor tsb saat panas)
3. Fan bermasalah --> std original e2000 adalah viscose fan bukan? bagaimana punya Om? apakah masih orisinil atau sudah dipantek?
Baca juga : https://garasimazdae2000.blogspot.com/2015/03/visco-fan.html
4. Kisi Kisi RADIATOR Sudah kotor/ tersumbat : Di service di Tukang Radiator (di korok)

Halaman Terkait :
Cap Radiator : https://garasimazdae2000.blogspot.com/2015/03/cap-radiator-mazda-e2000.html#more
Visco Fan : https://garasimazdae2000.blogspot.com/2015/03/visco-fan.html

Komentar

  1. kalo semua sudah ok tapi masih panas......cek Visco ya om. kalo kipas radiator sudah tidak kenyal..berarti visco sudah lemah. ga perlu ganti. cukup tambah silicon oil. banyak di toko sparepart, murah dan mudah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Sekali om.
      Disini VISCO Fan mempunyai Peran yang sangat penting juga.

      Hapus
  2. gan mau tanya mazda e2000 th 2014 punya bokap ane sering overheat klo kondisi jalan macet, mobil jdi ngadat kyk pas mau di gas kyk mengangguk" mobilnya / kyk mobil digas trs di rem mendadak apalagi klo ac di hidupin mlh tambah cepet panas dan hrs tunggu 15 menit baru jalan lagi, udh ganti kipas radiator baru dan kipas radiator lama dipantek tetep overheat, itu kira kira kenapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. OVER HEAT pada saat jalan Macet atau berhenti dalam waktu yang lama (AC Hidup) adalah masalah Klasik E2000 dan sering ditanyakan di GROUP FB, Sebenarnya Inti dari Permasalahn itu adalah dibagian Pendingin yaitu RADIATOR dan VISCO Fan.
      Langkah yang harus dilakukan adalah SERVICE RADIATOR, dan sekalian di cek VISCO nya, kemungkinan VISCO FAN sudah Lemah.
      Apabila sudah DIPANTEK putaran VISCO FAN akan mengikuti putaran Mesin, jadi apabila kendaraan posisi Berhenti Kerja VISCO kurang maksimal, dalam keadaan NORMAL VISCO FAN putarannya bisa 2 x dari putaran Mesin.

      Hapus

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar

Postingan populer dari blog ini

MENGATUR STASIONER AC Mazda E2000

SHOCK BREAKER MAZDA E2000

VISCO FAN MAZDA E2000