SPOORING BALANCING


SPOORING BALANCING

https://www.facebook.com/groups/105387076295988
Menjaga kondisi mobil tetap dalam keadaan prima dapat dilakukan dengan beragam cara, salah satunya melalui spooring dan balancing. Kedua hal ini dilakukan untuk menyeimbangkan kaki-kaki mobil yang sering mengalami perubahan pengaturan setelah digunakan dalam jangka waktu tertentu.
Bagi orang awam tentunya mengetahui kapan harus spooring dan balancing merupakan satu hal yang tidak mudah. Bahkan pasti ada yang bertanya apakah spooring dan balancing perlu?
Untuk itu berikut ada beberapa hal yang bisa dijadikan indikasi bahwa waktu untuk spooring mobil dan balancing memang sudah tiba:

1. SETIR BERGETAR SAAT BERKENDARA
Perhatikan dan rasakan apakah setir bergetar saat sedang berkendara. Setir yang bergetar menandakan bahwa ada yang tidak beres dengan ban depan. Bahkan hal ini akan sangat mengganggu kenyamanan dalam berkendara. Saat anda merasakan hal tersebut, maka inilah saat yang tepat untuk melakukan spooring dan balancing.
2. MOBIL BELOK SENDIRI SAAT MELAJU LURUS
Saat anda sedang melaju lurus, coba rasakan apakah ada pergerakan atau perasaan bahwa mobil berbelok dengan sendirinya. Jika mobil cenderung berbelok ke arah tertentu dengan sendirinya, maka hal ini merupakan indikasi bahwa ada masalah spooring.
3. PASTIKAN TIDAK ADA BENJOLAN PADA BAN MOBIL
Untuk mengetahui ketidaknyamanan dalam berkendara, anda bisa mengecek keausan pada ban mobil. Perhatikan secara seksama dan menyeluruh. Jika ada benjolan pada ban, maka bisa jadi sistem suspensi mobil anda sedang bermasalah.
4. SETIR TERASA LEBIH BERAT DARI BIASANYA
Jika terjadi masalah dan mengharuskan anda untuk spooring ataupun balancing, biasanya efek yang paling terasa terletak pada setir. Jika setir terasa tidak nyaman bahkan lebih berat dari biasanya, atau bahkan saat setir dibelokkan setir tidak mau kembali pada posisi semula, maka anda harus segera melakukan spooring dan balancing.
5. TERASA GONCANGAN SAAT MEMBELOKAN MOBIL
Saat membelokkan mobil, apakah terasa sedikit goncangan. Jika terasa goncangan padahal pada kenyatannya kondisi jalan terlihat bagus, maka bisa dipastikan bahwa ada masalah pada spooring dan balancing-nya.
6. HILANGNYA KESEIMBANGAN MOBIL
Efek paling parah yang bisa muncul karena tidak adanya penanganan spooring dan balancing adalah hilangnya keseimbangan mobil. Hal ini tentunya bisa sangat berbahaya terlebih saat anda sedang melaju pada kecepatan yang cukup tinggi.
Jika anda merasakan salah satu atau beberapa dari gejala-gejala di atas, maka anda harus segera mengecek dan memperbaiki mobil anda di bengkel yang terpercaya. Mungkin permasalahan ini awalnya terlihat sepele. Akan tetapi jika anda remehkan, efek yang lebih berbahaya bisa saya terjadi. 

Hal selain tidak nyaman saat dikendarai, masalah ini juga bisa membahayakan keselamatan terlebih saat anda melaju pada kecepatan yang cukup tinggi. Saat-saat seperti ini sangat berpotensi kecelakaan. Terlebih saat anda melaju kencang dan kehilangan kontrol kendaraan anda.
"Spooring itu untuk menstabilkan setir, buat lurus ya, kalo kecepatan berapa kadang-kadang ngebuang atau makan ban sebelah. Kalo misalkan getar, bawa kendaraan kecepatan 90, 100 atau 150 getar, ini di-balancing agar tidak getar."
Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, spooring dan balancing harus disertai dengan kondisi kaki-kaki mobil yang baik. Adanya permasalahan pada kaki-kaki dapat membuat mobil tetap tidak seimbang meskipun sudah dilakukan proses spooring dan balancing
"Kalo ada pelek bengkok atau ban benjol itu ga bakal bisa. Bisa tapi ga normal, begitupun dengan joint atau sayap itu ga normal juga ga bisa. Kaki-kakinya harus dibenerin dulu."
Tidak dibutuhkan waktu lama untuk melakukan proses spooring dan balancing, hanya berkisar setengah hingga satu jam.
Melakukan spooring dan balancing secara berkala dapat meningkatkan kenyamanan dan keamanan dalam berkendara terutama dari segi kemudi.
"Melakukan spooring dan balancing tergantung penggunaan kendaraan. Kalau biasa melewati jalan rusak itu bisa 1 bulan sekali atau 3 bulan sekali tergantung penggunaan." (https://www.liputan6.com/.../seberapa-sering-mobil-harus...)

NB.
Spooring dilakukan tiap 10.000 km atau maksimal 20.000 km dan Balancing tiap 4.000 km





Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENGATUR STASIONER AC Mazda E2000

SHOCK BREAKER MAZDA E2000

VISCO FAN MAZDA E2000